Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah pada awalnya hanya diperuntukkan bagi siswa madrasah (ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah) saja, namun sejak tahun 2016 KSM dapat diikuti pula oleh siswa yang berasal dari SD, SMP maupun SMA yang berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ajang KSM selalu diselenggarakan setiap tahun oleh Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI . Pada tahun 2020 lalu ajang ini pertama kalinya diselenggaran secara full-online karena situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda, sehingga nama ajang lomba berubah menjadi KSM-O (online). Bidang yang dilombakan dalam kompetisi masih sama seperti tahun sebelumnya diantaranya; untuk jenjang SD/MI meliputi bidang Matematika dan Sains IPA, jenjang SMP/Mts meliputi bidang Matematika, IPA terpadu dan IPS Terpadu, sedangkan untuk jenjang SLTA/MA meliputi bidang Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

Hari Rabu tanggal 30 Juni lalu, beberapa siswa MTs Persis Padalarang mengikuti seleksi KSM tingkat satuan pendidikan. Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.

Hasil yang diharapkan dari KSM yaitu berkembangnya kompetensi bakat dan minat peserta didik, memiliki motivasi tinggi untuk selalu meningkatkan kemampuan, emosional, intelektual dan spriritual dengan berpedoman pada nilai-nilai agama untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Selain itu juga bisa berkembangnya budaya kompetitif secara jujur dan sehat di kelompok lingkungan siswa madrasah.

Leave a Comment